Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara

Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara
Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara. Foto: instagram.com/uuzch

Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara berada pada lokasi lereng Gunung Muria. Desa wisata ini memang menjadi destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan pegunungan. Liburan pun lebih berkesan dengan traveling sambil mengabadikan momen dari spot alam terbuka yang tersedia di beberapa tempat.

Di Tempur Jepara ada gardu pandang kekinian untuk membuat foto selfie dengan latar hamparan alam pegunungan. Ditambah asyiknya menikmati  kesejukan udara sambil merasakan sensasi berfoto di atas ketinggian Tempur Jepara.

Selain tempat wisata terkenal seperti Karimunjawa, Pantai Kartini, Pantai Tirta Samudra Bandengan dan Benteng Portugis, Jepara memang sedang gencar menawarkan destinasi wisata baru diantaranya Wisata Sentra Mebel dan Ukir Jepara, Sentra Tenun Troso dan Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara.

Desa Tempur Jepara

tempat wisata alam terbuka tempur jepara
Sudut Desa Tempur, Jepara. Foto: instagram.com/akujojok

Desa Tempur terletak di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tempur menjadi salah satu desa paling luar dengan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus, sedangkan di sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati. Jadi bisa dikatakan, desa  ini merupakan titik pembagian Gunung Muria ke dalam wilayah 3 Kabupaten yaitu Jepara, Kudus dan Pati.

Tempur berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (dpl) yang menjadi desa dengan letak geografis paling tinggi di Kabupaten Jepara. Luas wilayah yang dimiliki 2.416.500 hektare dengan penduduk sekitar 5.000 jiwa. Beberapa dukuh yang ada, adalah Duplak, Miren, Petung, Pekoso, Nglagah, Karang Rejo, dan Nggodang.

Perjalanan ke lokasi wisata Tempur dari Pusat Kota Jepara, menempuh jarak 52 KM yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Rute yang dapat diikuti yaitu melalui jalur utama kota Jepara ke arah Tayu,  Pati. Setelah melewati Pasar Hewan Keling pada kilometer ke 40, terdapat pertigaan di Desa Jlegong dengan gapura bertuliskan “Selamat Datang di Desa Wisata Tempur”.


Dari pertigaan ini, ambil jalur yang kanan menuju arah Klepu yang berlanjut sampai di Tempur Jepara. Pada titik ini jalur bebatuan dan menanjak mulai ditempuh dengan keindahan pemandangan alam terbuka sekitar jalan mulai terhampar memanjakan mata wisatawan yang plesir ke tempat ini.

Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara


Bila sudah sampai di gerbang Tempur Village , berikut tempat pariwisata alam terbuka di Tempur yang menarik untuk dikunjungi:

Gerbang Tempur Village

Destinasi Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara
Tempur Village Polres Jepara. Foto:instagram.com/afifahzuliana123

Salah satu spot foto yang paling hits adalah hamparan sawah dan pegunungan dengan landmark huruf besar bertuliskan Tempur Village Polres Jepara. Spot ini seolah menyambut pengunjung untuk menikmati Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara. Keelokan lembah tersembunyi yang dikelilingi 7 bukit pegunungan Muria dan terasering persawahan yang menyejukkan mata.

Candi Angin, Tempat Wisata Favorit di Tempur Jepara

candi angin tempur jepara
Candi Angin Desa Tempur Jepara. Foto: instagram.com/risa.fe

Candi angin merupakan salah satu tujuan favorit Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara. Candi angin merupakan reruntuhan dari bangunan semacam candi atau punden. Asal usul candi ini memang masih belum diteliti secara ilmiah. Namun, cerita yang berkembang di kalangan masyarakat, candi angin dibangun pada masa Kerajaan Kalingga dengan ratunya yang terkenal yaitu Ratu Shima.

Bentuk candi angin memang terlihat seperti rusak. Konon, nama candi angin digunakan karena lokasinya yang berada di alam terbuka puncak bukit ini selalu diterpa angin kencang sehingga lama kelamaan menyebabkan candi runtuh. Ada juga yang mengatakan candi rusak karena pernah terkena gempa bumi. Candi angin merupakan salah satu tujuan favorit Tempat Wisata Alam Terbuka di Tempur Jepara

Candi Bubrah di Tempur Jepara

Candi Bubrah di Tempur Jepara. Foto: Wikipedia

Penamaan Tempat Wisata Candi Bubrah didasarkan pada kondisi bangunan saat pertama ditemukan di alam terbuka. Tempat wisata budaya ini pertama kali ditemukan memang dalam kondisi rusak berserakan, yang dalam bahasa Jawa disebut bubrah. Batu penyusun candi luluh lantah berserakan di sekilar lokasi. Saat ini sisa bangunan mirip gundukan bukit.

Bila dilihat dari arsitektur bangunan yang bercirikan agama Budha, Candi Bubrah diperkirakan mulai dibangun pada abad ke-8 atau 9 Masehi. Usianya lebih muda dari situs peninggalan Kerajaan Kalingga lain yang sebagian besar dibangun abad ke-6 Masehi.

Candi Bubrah di desa Tempur Jepara terbuat dari bahan batuan. Dulunya, bangunan ini adalah tempat pembukaan kitab Mahabarata di zaman Ratu Sima yang menjadi pemimpin Kerajaan Kalingga.

Candi Bubrah sendiri dapat dikatakan menjadi gapura masuk menuju Candi Angin, karena letaknya berjarak kurang lebih 500 meter sebelum Candi Angin. Tak heran, Candi Bubrah juga menjadi destinasi utama saat wisatawan mencari tempat wisata alam terbuka di Tempur Jepara.

Indahnya Alam Terbuka di Bukit Bejagan

Bukit Bejagan di Tempur Jepara
Bukit Bejagan Tempur Jepara. Foto: instagram.com/ayuayua25

Tempat yang tepat untuk melihat indahnya lekuk pegunungan yang diselimuti hijau ranum daun pepohonan. Sementara semilir angin menghembus sejuk dengan suara nyanyian burung dan gemercik air sungai dari kejauhan. Serasa menjadi penawar penatnya kesibukan dan kebisingan pekerjaan sehari-hari di kota.

Tidak hanya suasana nyaman, Bukit Bejagan juga memanjakan pengunjung dengan gardu pandang keren dan kekinian. Pengunjung dapat ber-selfie ria dengan gardu pandang dari bambu yang tersusun rapi berbentuk hati.
Wisata Alam Tempur Jepara. Foto: instagram.com/varachimi

Selain 2 destinasi wisata unggulan itu, masih ada tempat wisata alam terbuka di Tempur Jepara yaitu Sumur Batu, Kaldera Gunung Muria, Kolam Nawangwulan, Kolam Pemancingan Tempoera, Taman Hias, Bumi Perkemahan, Kali Ombo, Kali Gelis, dan Wisata Kebun Kopi.

Bisa dibayangkan, betapa menyenangkan menghabiskan waktu liburan di Tempur Jepara. O ya, kamu juga bisa memakai jasa pemandu wisata "Arjuna" yang dibentuk oleh organisasi pemuda desa setempat. Kalo kamu tertarik, hubungi telfon 085727356167 atau 085290795729. Jadi, kapan berkunjung ke tempat wisata alam terbuka di Tempur Jepara?

Most Popular